MATERI MAKESTA IPNU IPPNU TENTANG KADERISASI

Assalamualaikum wr wb.



makesta, pac ipnu ippnu sawahan

Pengertian Organisasi

ORGANISASI adalah suatu sistem kerja sama antar dua orang atau lebih yang secara sadar dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi secara sederhana juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan orang-orang yang ingin melakukan hal-hal tertentu, dengan cara-cara tertentu guna mencapai tujuan tertentu  secara bersama-sama. Jadi apabila orang-orang berkumpul menjadi satu, dan kemudian mereka berkumpul secara formal mencapai persetujuan untuk mengkombinasi upaya mereka untuk mencapai tujuan bersama, maka hasilnya berupa sebuah ORGANISASI.

Dengan pengertian ini maka yang dapat dikategorikan sebagi organisasi adalah suatu bentuk yang memenuhi komponen sebagai berikut:

1.       Adanya dua orang atau lebih;
2.       Adanya tujuan yang ingin dicapai secara bersama;
3.      Individu yang terikat dalam organisasi tersebut meiliki kemauan dan kemampuan untuk saling bekerja sama;
4.       Terjadi komunikasi antara individu yang terikat dalam kerja sama

Setiap organisasi berlandaskan sejumlah manusia; tiada organisasi dapat eksis tanpa manusia.Organisasi-organisasi memiliki suatu tujuan, yang mengarahkan upaya-upaya orang-orang di dalam organisasi demikian, menuju ke arah tujuan tertentu, walaupun tujuan-tujuan para individu pada organisasi tersebut mungkin berbeda.Organisasi secara sadar menstruktur aktivitas-aktivitas anggotanya dengan jalan membagi tugas-tugas antara mereka, dan mengembangkan sebuah sistem untuk mengkoordinasi mereka.Akhirnya dapat dikatakan bahwa setiap organisasi meiliki suatu batas yang jelas, yang menyatakan siapa saja berada di dalamnya dan siapa saja berada di luarnya.

Jika kita ingin membangun sebuah organisasi seperti sebuah klub sepak bola yang selalu menang, pertama-tama kita harus mencari tahu apa yang membuat mereka bisa berhasil. Klub-klub sepak bola yang berhasil, memiliki prinsip seperti berikut:

1.       Kohesi, berarti kepaduan. Itu berarti para anggota menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan mereka sendiri.
2.       Kerjasama kelompok, berarti bekerja bersama-sama untuk memaksimalkan kekuatan individu para anggota kelompok dan meminimalkan kelemahan mereka.
3.       Semangat juang tinggi, merupakan sebuah perasaan terdalam tentang kesejahteraan yang tidak bergantung pada faktor luar.
4.       Semangat korp, berasal dari sebuah kata Perancis yang berhubungan dengan semangat juang organisasi sebagai sebuah kesatuan.


             Pemimpin adalah seseorang yang mampu memengaruhi bawahannya untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama. Sementara itu kepemimpinan sendiri memiliki arti suatu cara yang dilakukan pemimpin untuk mencapai tujuan tertentu. Kepemimpinan lahir dari pengalaman personalnya selama aktif dalam berorganisasi. Dalam berorganisasi, harus sesuai dengan karakter dan kemampuan pribadi. Sehingga akan memunculkan kepemimpinan yang sesuai dan baik serta maksimal. Jika ingin menjadi pemimpin maka harus berorganisasi. Yaitu harus melalui perkumpulan-perkumpulan. Tidak ada pemimpin yang tanpa berorganisasi sama sekali. Dalam berorganisasi harus mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan kurang lebih nya mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamualikum wr wb.


Tidak ada komentar untuk "MATERI MAKESTA IPNU IPPNU TENTANG KADERISASI"